Friday, November 10, 2006

ARC - Pergerakan

Agrarian Resources Center (ARC), adalah salah satu unit didalam tubuh Pergerakan yang ditujukan untuk menjadi wadah informasi bagi dinamika agraria di Indonesia dan gerakan petani pada umumnya. Selanjutnya disebut dengan ARC-Pergerakan.

Untuk keperluan advokasi dalam kontek pengkajian, pengembangan, pembaruan dan advokasi dalam ranah agraria ini perlu adanya suatu bahan data yang valid sebagai bagian dari agenda kampanye atas isu-isu pembaruan agraria, maka ARC-Pergerakan berorientasi sebagai pusat pengumpulan dan pengolahan data yang berhubungan dengan permasalahan agraria serta mendistribusikan data tersebut kepada publik secara luas. Selama ini sudah ada beberapa lembaga yang tetap intens mengadakan kerja-kerja advokasi agraria. Dengan begitu ARC dapat mensuplai data-data dan informasi yang sudah diolah kepada lembaga-lembaga tersebut, sehingga akan lebih terbentuk sebuah kekuatan yang nyata dalam mewujudkan semua agenda pembaruan agraria.
Untuk menjadikan ARC-Pergerakan sebagai sebuah lembaga yang kuat maka ARC-Pergerakan ini tidak dapat berdiri sendiri, berdasarkan upaya-upaya yang sudah dilakukan, kerja-kerja pengolahan informasi haruslah merupakan kerja terintegrasi dengan berbagai pihak. Jika ditinjau dan diperhatikan secara detail, maka hal-hal yang dapat dijadikan faktor pendukung bagi berjalannya ARC-Pergerakan adalah:

  1. Tergabungnya sejumlah lembaga dan individu yang bekerja bersama dan berkonsentrasi pada pengembangan wacana pembaruan agraria di ARC.
  2. Sudah terkoleksinya data-data terkait dengan agraria.
  3. Sudah ada sistem data base sengketa agraria.
  4. Terjalinnya relasi dengan sejumlah lembaga yang bisa menjadi user bagi informasi yang dihasilkan oleh ARC.

Namun demikian, banyak faktor lain yang harus diperhatikan yaitu dukungan teknis dan logistic yang diperkuat serta kemampuan individual yang harus ditingkatkan. Karena kerja-kerja pengolahan informasi dan proses pengumpulannya memerlukan curahan waktu, tenaga dan keahlian serta dana yang cukup besar. Berdasarkan pemikiran tersebut maka ARC-Pergerakan hadir dengan tujuan Mendukung kerja-kerja dalam kontek pengkajian, pengembangan, pembaruan dan advokasi melalui pengolahan dan penyebaran informasi tentang pembaruan agraria.

Di dalam memperoleh dan mencapai tujuan tersebut maka strategi yang digunakan adalah :

  1. Terbentuknya sebuah sistem pusat pengumpulan serta pengolahan data dan informasi di sekretariat ARC.
  2. Terbentuknya mekanisme distribusi informasi dari/ke publik yang lebih luas.
  3. Proses terbentuknya jaringan informasi dengan pihak-pihak lain.Adapun sasaran-sasaran dari dibentuknya ARC khususnya produk-produk yang dihasilkan adalah dijadikannya acuan oleh setiap pihak yang berkonsentrasi pada gerakan pembaruan agraria baik yang teridentifikasi sebagai kelompok-kelompok pendukung maupun yang potensial dijadikan partner.

Sejumlah kegiatan yang dilakukan adalah:

  1. Membangun Jaringan Informasi Spesifik
  2. Pengolahan Data dan Informasi Agraria
  3. Rangkaian Penelitian yang Berkaitan dengan Agraria
  4. Publikasi dan Distribusi Hasil Pengolahan Data / Penelitian
  5. Pengembangan Perpustakaan Agraria

0 Comments:

Post a Comment

<< Home